Garden By The Bay

 
Singapura sekarang punya taman yang besar dan indah sekali.
Namanya Garden By The Bay.
Taman yang terletak di daerah Marina Bay (Teluk Marina) kini menjadi tujuan wisata baru di Singapura.

    Garden By The Bay luasnya 101 hektar. Kira-kira 1 1/4  kali luas Kebun Raya Bogor. Taman ini terbagi atas 3 bagian. Bay East Garden, Bay Central Garden, dan Bay South Garden. Masing-masing bagian dipisahkan oleh perairan teluk.

Bay East Garden
    Rumpu-rumput hijau terhampar di taman bunga ini. Jalan sepanjang 3 km membentang di pesisir teluk. Taman ini menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai, bermain bersama keluarga, dan untuk melakukan aktivitas olahraga seperti joging dan bersepeda. Masuk ke sini gratis, lo.

Bay Central Garden
    Bay Central Garden merupakan penghubung antara Bay East Garden dengan Bay South Garden. Fasilitasnya hampir sama dengan Bay East Garden.

Bay South Garden
    Taman ini baru resmi dibuka untuk umum tanggal 2 Juli 2012 yang lalu. Ini taman yang paling luas dan paling menarik di Garden By The Bay. Di sini ada beberapa wahana yang unik, seperti Supertree Grove, Flower Dome, Could Forest, Heritage Gardens, World of Plant, dan Dragonfly and Kingfisher Lakes. Nah, kalau mau masuk ke sini, kita harus membeli tiket dahulu.

Supertree Grove 
    Supertree adalah pohon buatan berukuran raksasa. Tingginya bervariasi antara 25 – 50 meter. “Pohon” ini terbuat dari beton dan rangka baja. “Rantingnya” merupakan panel surya yang berfungi untuk menyimpan sinar matahari dan mengubahnya menjadi sumber energi. Energi ini digunakan untuk menghidupkan lampu. Juga untuk memanaskan rangka baja yang digunakan merambatkan tanaman agar tanaman tumbuh menjadi lebih baik. “pohon” ini juga berfungsi sebagai penangkap air hujan.  Di sana ada Sky Walk, sejenis canopy bridge, yaitu jembatan yang menghubungkan satu “pohon” dengan “pohon” lain.


Flower Dome
    Flower Dome adalah kubah berhawa sejuk. Di sana ditanam tanaman-tanaman yang tumbuh di daerah beriklim sejuk. Berjalan-jalan di sana serasa berada di musim semi dengan bunga bermekaran.

Cloud Forest
    Cloud Forest juga berupa kubah. Could Forest meniru iklim dingin-lembab yang biasa ditemukan di daerah dengan ketinggian 1.000 - 3.500 meter di atas permukaan laut. Di sini ada sebuah “gunung” yang tingginya 35 meter. Pengunjung bisa mencapai puncak gunung melalui tangga, lift, eskalator, atau 2 jalan setapak yaitu Walk Could dan Walk Tree Top.

Heritage Garden
    Di Heritage garden ada 4 buah taman, yaitu Indian Garden, Chinese Garden, Malay Garden, dan Colonial Garden. Di sana, pengunjung dapat belajar tentang sejarah dan budaya Singapura.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar