Papua Nugini Negeri yang Kaya

Papua  Nugini adalah salah satu tetangga terdekat negeri kita. 
Letaknya berbatasan langsung dengan Papua.
Papua Nugini adalah negeri yang kaya.
Mau tahu kekayaannya ?


Kaya Bahasa
Papua Nugini terdiri dari banyak suku. Banyak di antara mereka tinggal di daerah terpencil. Tiap-tiap suku memiliki bahasa sendiri. Konon, bahasa yang digunakan di Papua Nugini jumlahnya kira-kira 850 bahasa. Hampir tiap daerah punya bahasa sendiri. Bahkan, ada satu daerah yang memiliki beberapa bahasa. tentu, tidak semua orang bisa memahami bahasa sebanyak itu. Sebagai sarana komunikasi, orang-orang Papua Nugini menggunakan bahasa Tok Pisin, Hiri Motu, Bahasa Inggris, dan Bahasa Portugis.

Kaya Budaya
Selain kaya bahasa, Papua Nugini juga kaya budaya. Setiap suku memiliki adat istiadat dan kebudayaan sendiri. Adat istiadat dan kebudayaan mereka tetap lestari hingga sekarang. berbagai pertunjukkan kebudayaan sering digelar di setiap daerah. Ada tarian, nyanyian, dan berbagai upacara adat. Salah satu pertunjukkan yang sering digelar adalah Baining Fire Dancers.
 
Tari-tarian ini digelar dalam sebuah upacara untuk menyambut kelahiran anak, merayakan anak laki-laki yang mulai dewasa, dan saat panen. 
Ada juga tarian Asaro Mud Men. Di sini, semua anak laki-laki yang ikut menari, seluruh tubuhnya dilumuri lumpur. Konon, tarian ini berasal dari legenda tentang suatu suku yang dikejar musuh. Orang-orang yang dikejar kemudian menceburkan diri ke sungai Asaro. Saat muncul dari sungai, tubuhnya sudah penuh lumpur. Melihat itu, musuh-musuh ketakutan karena mengira itu hantu. Kini, upacara ini juga dijadikan acara untuk mengusir roh jahat. Ada juga tarian selamat datang. Namanya Huli Wigmen. Tarian ini biasa diadakan di daerah highland untuk menyambut taamu. Tarian ini menceritakan keramahan orang Papua Nugini. 

Kaya Burung dan Kupu-kupu
Di Papua Nugini terdapat lebih dari 700 jenis burung yang sangat indah. Tidak hanya burung indah, hutan papua Nugini juga memiliki banyak kupu-kupu berukuran besar. Seperti jenis Hercules moth dan Birdwing Butterfly.
 
Kaya Anggrek
Konon, jenis anggrek di Papua Nugini paling banyak dibanding dengan negara manapun. Mau tahu jumlahnya ? Ada sekitar 3.000 jenis, lo !
Kaya Terumbu Karang
Keindah


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar